Gustafian Aji Suci
18107030087
Copywriting A.
BAGAIMANA MEMBUAT IKLAN MENARIK?
Oleh Budiman Hakim
Budiman Hakim adalah creative advisor di sebuah biro iklan MASS909. Banyak brand besar yang menjadi klien beliau seperti Daihatsu atau McDonalds. Budiman Hakim juga menerbitkan beberapa buku tentang periklanan, diantaranya 'Ngobrolin Iklan Yuk' dan lainnya. Kali ini saya berkesempatan mengikuti live IG @foodizz.id yang sedang membicarakan tentang bagaimana teknik kepenulisan yang baik. Berikut rangkuman live IG tersebut
Apa itu copywriting ? menurut artinya Copy itu text writing itu penulisan, dalam terminologi advertising copywriting adalah penulisan naskah yang tujuannya persuasive, yaitu supaya konsumen membeli apa yang kita jual. Storytelling adalah cara pendekatan komunikasi penjualan dengan tidak mengutamakan sebuah brand, yaitu dengan mengedapan cerita didalam mengkomunikasikan penjualan tersebut. Menurut Budiman kebanyakan dari konsumen, mereka lebih suka dengan storytelling, mereka lebih tertarik kedalam cerita tersebut, dan para konsumen tidak sengaja mengeshare sebuah cerita tersebut yang sebenarnya adalah sebuah iklan.
Story telling adalah ilmu yang sudah diajarkan oleh ibu kita sejak kecil, ibulah yang telah menciptakannya tutur Budiman. Inti dari storytelling adalah membuat surprise yang tinggi, biasanya ini sudah dilakukan oleh brand brand yang sudah besar, brand yang sudah terbesar biasanya akan membuat iklan yang menyapa atau menyenangkan konsumennya didalam sebuah iklan tersebut.
Copywriting yang bagus juga harus berhubungan dengan hal hal yang lain, misalnya dengan visualisasinya. Conothnya pada iklan AC daikin, ynag bunyinya “Dinginnya memberi kehhangatan pada keluarga”, ini akan tampak membingungkan namun jika di hubungkan dengan visualisasinya, visualisasinya yaitu sebuah keluarga yang duduk di sofa yan saling berpelukan, artinya kata dingin beraslah dari AC kemudian kehangatan berasal dari keluarga tersebut. Jadi copywriting harus saling berhubungan dengan konsep atau dengan visualisasinya. Copywriting tidak bisa berdiri sendiri.
Penerapan copywriting di bisnis kuliner, misalnya resto rumah makan Sarita, Budiman mencoba dengan memberikan tagline Rumah Makan Sarita Seenak masakan ibu. Budiman mengambil pendekatan emosional Benefit. Tagline tersebut diperkuat dengan Visualisasi di penjara dimana banyak tahanan yang bermuka seram. Mereka ingin menyantap makan siang, namun setelah mereka memakan makanan tersebut mereka malah nangis karena saking enaknya sehingga mereka teringat dengan ibu mereka. Ini disebut dengan pendekatan emosional benefit, adapula pendekatan produk benefit, yaitu pendekatan yang copynya melebihkan sebuah produk tersebut dengan menargetkan logika khalayak. Contohnya Rumah makan Sarita, enak, murah dan sehat. namun pendeketan ini sangat mudah dipatahkan karena aka nada produk dari brand lain yang bisa mengalahkan tagline tersebut. Sedangkan emosional benefit adalah pendekatan emosional khalayak, menargetkan kea lam bawah sadar khalayak seingga membuat khalayak jatuh cinta pada produk kita.
EmoticonEmoticon